Penyebab Kanker Serviks Dan Pencegahannya Yang Wajib Diketahui Para Wanita

Kanker serviks atau yang juga dikenal dengan sebutan kanker mulut rahim merupakan salah satu jenis kanker yang paling berbahaya terutama bagi para wanita, karena kanker ini menyerang mulut rahim yang menjadi pintu masuk pada rahim. Penyakit ini membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi kanker yang ganas, yaitu sekitar 10 sampai 20 tahun.

Selain itu penyakit ini sulit untuk diketahui sejak awalnya, sehingga banyak juga para wanita yang akhirnya memeriksakan penyakitnya ketika kankernya sudah sangat parah. Penyakit ini menjadi penyakit paling berbahaya bagi wanita, karena penyakit ini yang menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia.

Ada beberapa hal tentang penyebab kanker serviks dan pencegahannya yang perlu diketahui oleh anda semua agar dapat lebih waspada dengan munculnya kanker serviks ini. Dan kali ini saya akan sedikit sharing tentang penyebab kanker serviks dan pencegahannya ini. Beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya kanker serviks ini adalah:

penyebab kanker serviks dan pencegahannya
  1. Infeksi dari virus human papilloma virus (hpv) menjadi penyebab yang paling banyak munculnya kanker serviks. Virus hpv ini dapat menular melalui kontak pada kulit kelamin, bisa melalui cairan, serta bisa melalui sanitasi yang telah terjangkit virus ini.
  2. Terlalu sering membersihkan organ intim wanita dengan sabun khusus pembersih organ intim wanita dapat menyebabkan iritasi yang dapat memicu sel menjadi abnormal. Selain itu, penggunaan organ intim wanita yang erlebihan juga dapat membunuh bakteri baik pada organ intim wanita yang berfungsi untuk membunuh bakteri jahat pada tubuh.
  3. Sering merokok juga dapat memicu kanker serviks. Karena kandungan nikotin pada rokok dapat mempengaruhi selaput lendir pada mulut rahim yang juga dapat memicu abnormalitas sel pada mulut rahim.
  4. Berhubungan badan pada usia di bawah 20 tahun juga rawan terjangkit kanker serviks. Karena pada usia itu sel sedang aktif membelah, dan jika ada rangsangan dari luar dapat membuat sel menjadi abnormal
  5. Kurangnya asupan vitamin c dan vitamin e serta aam volat
Ada ciri – ciri khusus yang sering diderita penyakit kanker serviks yang kadang tidak disadari oleh penderitanya sebagai gejala kanker serviks. Diantaranya adalah mengalami keputihan yang tidak normal, darah yang keluar terlalu banyak saat menstruasi, merasa sakit saat buang air kecil, serta pinggul sering merasa sakit. Maka dari itu cegahlah kanker serviks sedini mungkin hidup anda menjadi lebih sehat dan terbebas dari kanker serviks. Beberapa langkah pencegahan yang bisa anda lakukan adalah:
  • Banyak – banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin c dan e serta asam folat
  • Hentikan kebiasaan merokok sekarang juga
  • Jangan melakukan hubungan intim dibawah usia 20 tahun
  • Lakukan vaksinasi hpv sesegera mungkin
Demikian tadi beberapa hal tentang penyebab kanker serviks dan pencegahannya yang wajib diketahui terutama kaum wanita. Semoga bermanfaat.