Waspadalah Anda Para Wanita Mengenai Gejala Kanker Serviks

Apakah anda para wanita sudah mengenali apa itu penyakit dan gejala kanker serviks? Jika anda belum tahu mengenai gejala kanker serviks, sebaiknya anda membaca penjelasan berikut ini  agar anda para wanita bisa tercegah dari kanker serviks yang berbahaya dan mematikan serta menambah pengetahuan dan wawasan anda.

Penyakit kanker serviks merupakan penyakit kanker yang disebabkan sebagian besar oleh virus HPV (Human Papilloma Virus) yang menyerang rahim atau alat reproduksi pada wanita. Sel kanker serviks bisa menjadi ganas apabila tidak segera dilakukan upaya pencegahan atau pengobatan secara medis.

gejala kanker serviks


Namun bagi anda para wanita tidak usah takut dengan adanya kanker serviks apabila anda hidup sehat dan selalu melakukan pengecekan kesehatan di rumah sakit atau dokter terdekat. Alangkah baiknya penyakit kanker serviks ini harus dilihat gejala dan ciri-cirinya terlebih dahulu agar anda para wanita tidak dengan mudah mendeteksi dirinya terkena kanker serviks. Berikut ini akan dijelaskan gejala penyakit kanker serviks pada wanita, simak dan perhatikan baik-baik.
  1. Terjadi keputihan yang tidak normal atau berlebihan, kurang lebih terjadi setiap hari. Biasanya keputihan yang tidak wajar ini berbau tidak sedap dan amis. Jika anda mengalami keputihan yang tidak wajar, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau rumah sakit terdekat.
  2. Terjadi rasa nyeri dan sakit saat buang air kecil.
  3. Tidak normalnya pendarahan atau siklus menstruasi yang tidak normal dan tidak teratur, gejala ini merupakan salah satu gejala kanker serviks.
  4. Bagian pelvis terasa sakit dan terjadi pendarahan saat dilakukan pemeriksaan.
  5. Saat melakukan hubungan intim terjadi terasa sakit dan pendarahan yang banyak.
  6. Terjadi nyeri pada pinggang dan panggul saat berhubungan intim.

Penjelasan di atas mengenai gejala kanker serviks pada wanita, sudah dijelaskan di atas. Namun anda para wanita tidak usah takut mengenai gejala kanker serviks tesebut, jika pola dan gaya hidup anda sehat seperti memakai pembalut avail atau pembalut dari bahan dan ramuan alami tumbuh-tumbuhan, selalu membersihkan setelah buang air kecil, menghindari minuman dan makanan yang mengandung alkohol, menjauhi rokok, setia kepada pasangan anda, melakukan vaksinasi HPV, menunda hubungan seksual sampai usia matang (usia pernikahan), dan masih banyak cara hidup yang sehat agar tidak terkena kanker serviks.

Demikian penjelasan mengenai gejala kanker serviks yang sudah dijelaskan di atas, semoga dapat bermanfaat bagi anda para wanita dan anda harus berpola dan gaya hidup yang sehat agar terhindatr dari penyakit kanker serviks yang berbahaya dan bisa mematikan ini.