Penyebab Kanker Serviks Dan Langkah Pencegahannya

Kanker serviks merupakan kanker yang banyak menyerang kaum wanita saat ini, yang pada awalnya menyerang leher rahim dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh jika sudah memasuki tahap selanjutnya. Penyakit ini menjadi penyakit nomor satu yang paling banyak membunuh wanita di seluruh dunia menurut data dari WHO.

Penyebab kanker serviks biasanya timbul karena adanya mutasi genetik dari sel – sel yang sehat. Sel ini kemudian merubah sel normal lainnya menjadi sel abnormal, sehingga sel yang sehat dapat berkembang biak lebih cepat, dan sel kanker tumbuh tanpa terkendali. Namun kanker serviks juga disebabkan oleh virus hpv tipe 16 dan 18 yang bisa tersebar melalui kontak kulit kelamin secara langsung saat berhubungan intim dan melalui cairan.

Kanker serviks membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 20 tahun untuk bisa menjadi kanker stadium lanjut. Selain itu kanker ini sulit dideteksi pada stadium awal, sehingga banyak wanita yang memeriksakan kanker serviks ketika memasuki stadium lanjut.

penyebab kanker serviks

Ada beberapa faktor penyebab kanker serviks yang bisa menyebabkan kanker serviks menjadi lebih parah. Diantaranya adalah:
  • Sering membersihkan organ intim dengan sabun khusus pembersih organ intim. Karena tidak semua bakteri pada organ intim merugikan tubuh, ada organ baik yang dapat membunuh bakteri jahat pada tubuh. Jika sering menggunakan sabun pembersih organ intim, bakteri baik akan mati. Dan juga, sabun pembersih ini juga dapat membuat iritasi yang dapat membuat abnormalisasi sel yang dapat memicu kanker rahim
  • Berhubungan intim di bawah usia 20 tahun juga dapat memicu kanker rahim. Karena pada usia di bawah 20 tahun sel membelah secara aktif. Dan jika ada rangsangan dari luar seperti sperma, dapat mengakibatkan sifat sel manjadi abnormal yang dapat memicu munculnya kanker rahim
  • Nikotin yang biasanya terdapat pada rokok atau obat lainnya, dapat menjadi racun bagi sel mulut rahim yang dapat mempengaruhi selaput lendir pada seluruh tubuh, termasuk pada mulut rahim. Sehingga hal ini juga dapat memicu sel menjadi tidak normal yang dapat menyebabkan kanker.
Ada beberapa cara untuk mencegah timbulnya kanker serviks. Diantaranya adalah:
  • Segera hentikan rokok sekarang juga.
  • Jangan berhubungan intim pada usia di bawah 20 tahun.
  • Lakuakan vaksinasi hpv jika belum berhubungan intim. Jika sudah pernah, lakukan pemeriksaan pap smear minimal 20 tahun sekali.
  • Jalani pola hidup yang sehat dan selalu jaga kebersihan pada sanitasi anda.
Demikian tadi beberapa penyebab kanker serviks dan beberapa cara pencegahannya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi acuan bagi anda untuk hidup sehat.