Penyebab Kanker Serviks Lengkap dengan Langkah Pencegahannya

Kanker serviks atau juga dikenal dengan kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian wanita di indonesia dan menjadi negara dengan penderita paling banyak di dunia menurut WHO. Di indonesia terdapat sekitar 15000 kasus kanker serviks yang terdeteksi dan 8000 diantaranya berujung kematian.

Penyakit ini memang sulit untuk dideteksi karena penyebab kanker serviks awalnya hanyalah sebuah infeksi, sehingga tidak jarang penderitanya baru berobat setelah kanker sudah memasuki stadium yang tinggi sehingga sulit untuk ditangani. Agar bisa mendeteksi dari awal, ada beberapa tanda – tanda pada wanita yang menderita kanker serviks. Diantaranya adalah:
  • Selalu merasakan sakit dan juga sering pendarahan saat berhubungan intim
  • Sering merasakan sakit pada pinggul
  • Sakit saat buang air kecil
  • Mengalami keputihan dengan tidak normal yang selalu disertai dengan pendarahan yang banyak
  • Darah yang keluar lebih banyak saat menstruasi
  • Saat memasuki stadium lanjut, paha menjadi sakit dan bahkan bengkak, berat badan tidak stabil, nafsu makan berkurang, susah buang air kecil, dan mengalami pendarahan spontan
penyebab kanker serviks

Penyebab Kanker Serviks Wajib Anda Ketahui

  1. Infeksi yang disebabkan disebabkan oleh virus hpv (human papilloma virus) yang menyerang leher rahim pada awalnya, dan kemudian akan menyebar ke seluruh organ tubuh penderitanya.
  2. Banyak wanita yang sering menggunakan pembersih vagina. Padahal tidak semua bakteri pada vagina merugikan tubuh, ada juga bakteri pada vagina yang berfungsi untuk membunuh bakteri jahat pada tubuh. Sehingga jika menggunakan pembersih vagina dengan sering, bakteri baik tersebut akan mati. Pembersih vagina juga dapat menyebabkan iritasi  yang dapat memicu abnormalisasi sel sehingga rentan memicu kanker rahim.
  3. Merokok juga dapat meningkatkan resiko kanker serviks menjadi lebih tinggi. Karena kandungan nikotin pada dapat meracuni sel mulut rahim. Jika sel mulut rahim teracuni nikotin, maka akan mempengaruhi selaput lendir pada tubuh termasuk rahim yang juga dapat memicu abnormalisasi sel pada mulut rahim.
  4. Berhubungan seks sebelum umur 20 tahun juga dapat memicu kanker serviks. Karena pada usia 12-20 tahun organ wanita sedang berkembang dan sel membelah secara aktif. Jika sel sedang membelah, tidak boleh terjadi rangsangan dari luar seperti sperma atau penis. Karena jika terjadi rangsangan, maka akan menyebabkan sel juga menjadi abnormal yang dapat menyebabkan kanker mulut rahim.

Langkah Pencegahan Kanker Serviks

Kanker serviks ini bisa ditangani dengan operasi pembedahan pada stadium awal. Dan jika sudah memasuki stadium lanjut maka harus dilakukan kemoterapi dan radioterapi. Tetapi jika sudah sangat parah, langkah penyembuhannya adalah dengan mengangkat rahim secara menyeluruh agar kanker tidak berkembang.

Maka dari itu rawatlah rahim anda dengan baik dan lebih baik periksakan secara rutin rahim anda agar dapat terhindar dari kanker serviks. Selain itu anda juga dapat melakukan langkah pencegahan agar anda tidak dapat terinfeksi kanker serviks. Langkah pencegahannya adalah:
  1. Hindari berhubungan intim dibawah umur 20 tahun
  2. Hentikan kebiasaan merokok sekarang juga
  3. Jika belum berhubungan intim, segera lakukan vaksinasi hpv
  4. Lakukan pemeriksaan pap smear 2 tahun sekali, terutama bagi yang sudah pernah berhubungan intim
  5. Jalani pola hidup sehat dengan berolahraga dan makan makanan yang bergizi
Itu tadi beberapa hal tentang ciri – ciri dan penyebab kanker serviks serta pencegahannya yang perlu anda ketahui. Semoga dengan mengetahui penyebab kanker serviks ini dan resikonya, kita dapat terhindar dari kanker serviks dan selalu jalani pola hidup yang sehat.