5 Jenis Gambar Kanker Kulit Paling Umum Menyerang Manusia

Kulit merupakan salah satu indera manusia yang berguna untuk merasakan suatu keadaan seperti lembut, kasar, panas, dingin, dan sebagainya. Selain itu kulit juga berfungsi untuk melindungi tu Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang manusia. Munculnya kanker ini ditandai dengan tumbuhnya sel kulit yang sulit terkendali yang dapat menyebabkan jaringan di sekitarnya menjadi rusak dan menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya kanker kulit ini, diantaranya adalah faktor keturunan, usia berada di atas 40 tahun, terlalu lama terkena sinar UV matahari, serta transplantasi organ. Ada beberapa jenis kanker kulit pada manusia, dan berikut ini beberapa jenis kanker kulit yang juga akan disertai dengan gambar kanker kulit yang pernah dialami manusia.

Yang pertama adalah Karsinoma Sel Skuamosa. Jenis kanker ini berasal dari lapisan tengah epidermis yang sering muncul di rongga mulut, genital, bibir, dan kulit yang terkena sinar matahari. Gejala dari kanjer ini berawal dari kulit yang kemerahan dan bersisik dengan permukaan yang nerkoreng dan sulit disembuhkan. Dan kemudian timbul benjolan yang menyerupai kutil dan menjadi luka yang terbuka dan tumbuh ke dalam jaringan di bawahnya.

gambar kanker kulit

Selanjutnya adalah Karsinoma Sel Basal. Kanker ini merupakan kanker kulit yang berasal dari epidermis paling bawah dan biasanya dijumpai pada seseorang berusia 60 tahun ke atas dan biasanya timbul di bagian kulit kepala, wajah, serta leher. Kanker ini biasanya ditandai dengan timbulnya benjolan yang warnanya agak mengilat dan kemerahan pada tepinya. Kanker ini dapat menjadi keropeng namun masih bisa disembuhkan, dan hal ini sering dianggap seseorang sebagai luka biasa.

gambar kanker kulit

Gambar kanker kulit selanjutnya adalah kaposi sarcoma. Kanker ini dapat mempengaruhi sel yang melapisi pembuluh darah yang letaknya dekat dengan kulit. Kanker ini mengakibatkan lesi kulit berwarna merah kecoklatan dan biasanya muncul di bagian kaki. Kanker ini biasanya disebabkan karena virus herpes.

gambar kanker kulit

Actinic keratosis merupakan salah satu jenis kanker kulit yang merupakan bentuk umum saat prakanker dan bisa berkembang menjadi karsinoma sel basal jika memiliki dua atau lebih riwayat kanker kulit.

gambar kanker kulit

Kemudian ada melanoma maligna. Kanker ini berasal dari sel – sel melanosit yang berfungsi untuk menghasilkan pigmen. Kanker ini biasanya muncul di daerah punggung, kulit kepala, kaki, leher, dan belakang telinga. Sebagian besar kemunculan melanoma maligna ini muncul dari tahi lalat yang berpigmen. Beberapa tanda dari tahi lalat yang perlu diwaspadai adalah:
    • Permukaan tidak rata
    • Tahi lalat terasa gatal atau nyeri
    • Sering berdarah walaupun mengalami trauma yang ringan
    • Terdapat infeksi pada tahi lalat yang sulit disembuhkan
    • Terjadi perubahan warna pada tahi lalat, bisa menjadi lebih terang atau lebih gelap
gambar kanker kulit

Itu tadi beberapa jenis serta gambar kanker kulit yang sering dialami oleh beberapa penderita kanker kulit. Semoga bermanfaat bagi anda semua.