Beberapa Jenis-Jenis Kanker Yang Sangat Berbahaya Bagi Manusia

Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya yang sering disebabkan karena sel di dalam tubuh mengalami pertumbuhan yang tidak normal hingga akhirnya berubah menjadi sel kanker. Sel kanker ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berkembang menjadi kanker yang ganas. Namun ketika sudah menjadi kanker yang ganas, penyakit ini menjadi sulit untuk diobati, dan biasanya hanya bisa disembuhkan dengan operasi pengangkatan atau dengan kemoterapi.

Kanker bisa disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya seperti hormon yang berlebihan, virus, makanan yang berlemak jenuh dan berkolestrol, sering mengkonsumsi minuman beralkohol, merokok, dan sebagainya. Ada beberapa jenis-jenis kanker yang sering terjadi pada manusia. Diantaranya adalah:

jenis-jenis kanker
  1. Kanker hati. Kanker ini biasanya berada di tempat yang lain kemudian mulai menyebar ke hati. Kanker ini pada awalnya hanya menyerang sel di sekitarnya dan hanya menimbulkan kerusakan yang kecil sehingga sering dianggap normal dan tidak  bermasalah. Kanker ini biasanya disebabkan karena tidak buang air kecil saat pagi, mengkonsumsi makanan yang mengandung zat pengawet, sering tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang.
  2. Kanker prostat. Kanker ini merupakan kanker yang sangat berbahaya yang menjadi peneybab kematian nomor 3 pada pria. Kanker ini biasanya menyerang pada kelenjar prostat yang berfungsi untuk menghasilkan sperma dan menyebar secara perlahan. Kanker ini bisa disebabkan karena adanya peningkatan hormon testosteron serta konsumsi lemak lemak yang berlebihan.
  3. Kanker payudara. Kanker ini muncul disebabkan karena adanya perubahan yang tidak normal pada gen yang bertugas mengatur pertumbuhan sel sehingga sel payudara tumbuh secara tidak terkontrol. Kanker ini merupakan kanker yang mematikan nomor dua bagi wanita di indonesia.
  4. Kanker rahim. Kanker ini juga dikenal dengan sebutan kanker serviks, yang terjadi karena adanya pertumbuhan sel kanker yang tidak normal pada mulut rahim, selain itu kanker ini juga bisa disebabkan oleh infeksi dari virus hpv. Kanker ini membutuhkan waktu yang lama untuk berkembang menjadi kanker yang ganas, yaitu sekitar 10 – 20 tahun dan gejala awalnya sulit untuk dideteksi. Penyakit ini merupakan penyakit yang paling berbahaya bagi wanita, karena penyakit ini menjadi penyebab kematian wanita nomor satu di dunia.
  5. Kanker otak. Kanker ini merupakan kanker yang sangat berbahaya, karena kanker ini menyerang otak yang menjadi pusat kendali aktivitas manusia, sehingga kanker ini dapat membuat aktivitas manusia menjadi tidak teratur. Kanker ini bisa dipicu karena adanya kelainan genetik, virus, serta pola hidup yang tidak sehat seperti merokokk, mengkonsumsi narkoba, dan sering terkena paparan radiasi dari komputer dan handphone.
  6. Kanker paru – paru. Kanker ini biasanya selain karena adanya tumor yang tumbuh di paru – paru, kanker ini juga bisa disebabkan karena penyebaran sel kanker di paru – paru. Penyebab utama dari timbulnya kanker paru – paru ini adalah kebiasaan seseorang yang sering merokok.
  7. Kanker darah. Kanker ini juga lebih dikenal dengan nama leukimia, yang disebabkan karena produksi sel darah putih pada sumsum tulang belakang yang terlalu berlebihan, sehingga sel darah putih menjadi lebih banyak jumlahnya dan mengakibatkan gangguan pada fungsi sel lainnya. Kanker ini biasanya telah muncul sejak usia penderita masih dini, dan tidak diketahui secara jelas timbulnya kanker ini.
Demikian tadi beberapa jenis-jenis kanker yang sering dialami dan sangat berbahaya bagi manusia. Dan selain kanker di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi jenis-jenis kanker yang diderita manusia. Maka dari itu jagalah pola hidup anda dengan baik dan hindari kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan sel kanker muncul dan menyebar pada tubuh kita.