Gejala Kanker Serviks Pada Wanita

Apakah anda sudah tahu bagaimana gejala kanker serviks pada wanita? Kanker serviks merupakan penyakita kanker yang sangat berbahaya karena menyerang alat reproduksi pada seorang wanita, maka tidak heran lagi jika wanita sangat takut terkena kanker serviks atau kanker rahim tersebut. 

Gejala kanker serviks memang sangat banyak, namun alangkah baiknya jika anda membaca gejala kanker serviks berikut ini supaya anda lebih tahu dan mengerti akan bahaya yang ditimbulkan jika terkena kanker serviks. Berikut penjelasan gejala kanker serviks, perhatikan baik-baik dengan seksama agar anda lebih mengerti:

gejala kanker serviks
  1. Gejala yang pertama yakni adanya virus HPV (Human Papilloma Viru) yang menyerang pada rahim dan didalam vagina.
  2. Pendarahan abnormal pada vagina wanita saat menstruasi ataupun saat setelah melakukan hubungan seksual, saat tidak dalam periode menstruasi, setelah menopause, dan terdapat bercak darah saat menstruasi.
  3. Sakit atau nyeri pada pinggu dan pinggang saat melakukan hubungan seksual.
  4. Keluarnya darah atau cairan yang basah, berbau dan kental pada vagina
  5. Keputihan yang tidak biasa dan terus menerus keluar, gejala tersebut memicu adanya kanker serviks.
  6. Buang air kecil terus menerus, bagi anda wanita yang sering mengalami buang air kecil yang terus menerus bukan akibat dari minum yang berlebihan merupakan gejala kanker serviks.
  7. Kesulitan buang air kecil atau terjadi rasa sakit saat buang air kecil, segeralah anda periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan pertolongan pertama.
  8. Merasa mudah lelah walaupun anda tidak melakukan aktivitas apapun.
Namun gejala kanker serviks tersebut bisa diatasi atau dicegah lebih awal supaya tidak semakin parah dan berlebih. Pencegahannya diawali dari pola kesehatan organ vital wanita anda  dan pola makan anda maupun pola kebiasaan anda setiap saat.

Pencegahannya yakni makan-makanan bergizi yang tidak mengandung lemak jenuh, tidak merokok atau menghindari orang yang sedang merokok, hindari membersihkan vagina dengan air kotor ataupun sabun sembarangan setelah kencing namun bersihkanlah dengan air yang bersih dan tisu yang kering, hindari berhubungan intim saat usia masih dini, selalu setia kepada pasangan, lakukan vaksinasi HPV untuk mencegah kanker serviks, dan tentunya memelihara kesehatan dan kondisi tubuh.